ERP Dalam Kehidupan Sehari-hari

06.15 SaraswatiCS 0 Comments

ERP (Enterprise Resource Planning)

Pernahkah Anda mengalami, suatu saat Anda ingin berlibur ke daerah lain lalu memesan tiket pesawat melalui website maskapai tersebut? Anda browsing di internet, membandingkan harga tiket pesawat di tanggal keberangkatan Anda, kemudian Anda memesan secara online. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana proses yang terjadi mulai dari saat Anda memesan hingga tiket bisa diambil di bandara tempat keberangkatan Anda?

Konsep yang bergerak di belakang layar ini merupakan salah satu penerapan dari ERP (Enterprise Resource Planning). ERP merupakan sistem IT yang memiliki kecerdasan buatan untuk menentukan dan mengatur semua elemen yang terkait dengannya. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa Anda memesan secara online, membayar secara online pula, dan kemudian mengambil tiketnya saat hari keberangkatan di bandara tempat Anda berangkat. Sebenarnya cara kerja dari ERP lebih kompleks dari yang Anda bayangkan.

Cara kerjanya seperti ini. Sebelumnya Anda pasti harus mendaftar terlebih dahulu sebelum menjadi member di maskapai tersebut. Dari pendaftaran ini, perusahaan akan mendapatkan data customernya. Setelah registrasi, kemudian Anda login. Sebelum memesan, tentu saja Anda mempertimbangkan masalah jam terbang, harga, fasilitas yang didapat, dan sebagainya. Setelah Anda yakin, baru Anda memesan. Banyak hal di belakang layar yang tidak Anda ketahui saat Anda memesan tiket. Dari pemesanan ini, perusahaan akan memperkirakan ukuran pesawat yang akan digunakan untuk penerbangan saat itu sehingga ini membantu perusahaan untuk menghemat bahan bakar apabila ukuran pesawat yang dibutuhkan hanya yang berkapasitas kecil. Selain itu, perusahaan bisa memperkirakan kapan tanggal yang banyak penerbangannya dan kapan yang tidak terlalu padat. Di saat penerbangan tidak terlalu padat, maka perusahaan akan memberlakukan diskon di tanggal tersebut agar jumlah minimum penumpang terpenuhi untuk terbang. Tak hanya itu, ERP juga secara otomatis membantu perusahaan untuk menghitung pemasukan dari pemesanan tiket online. Banyak manfaat yang didapatkan dari ERP.

Tujuan adanya ERP adalah mengelola bisnis Anda menggunakan IT sehingga bisnis Anda seolah-olah berjalan otomatis. Tujuan yang lain adalah mengurangi kesalahan penginputan data yang mungkin dilakukan oleh karyawan. Selain itu, menetapkan standarisasi di dalam sistem, meningkatkan efektifitas waktu, dan sebagai salah satu sumber untuk mendapatkan informasi dari customer. Cukup menarik bukan?


You Might Also Like

0 komentar: