Visi & Misi serta Tujuan dan Strategi PT. Unilever, Tbk
Visi
- Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.
Misi
- Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
- Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
- Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
- Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambil mengurangi dampak terhadap lingkungan.
Tujuan
Perusahaan
- Hingga menginjak umurnya yang lebih dari 80 tahun, tujuan perusahaan kami tidak berubah, yaitu, kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari; kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan melalui brand dan jasa yang memberikan manfaat untuk mereka maupun orang lain; kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan tindakan kecil setiap harinya yang bila digabungkan akan membuat perubahan besar bagi dunia; dan senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami untuk bertumbuh seraya mengurangi dampak terhadap lingkungan dan meningkatkan dampak positif bagi masyarakat
Di
dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT. UNILEVER,tbk memiliki
strategi-strategidalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan,
strategi itu antara lain:
- KEPEMIMPINAN HARGA RENDAH
Dengan menjaga harga yang rendah dan rak-rak diisi dengan
baik menggunakan sistim pengisian kembali persediaan yang melegenda,
wal-mart menjadi pemimpin bisnis eceran di amerikaserikat. Sistem mili
wal-mart mengirimkan pesanan atas barang dagang baru secara langsung kepada pemasok
ketika pelanggan membayar pembelian mereka pada kasir.terminal titik pejualan mencatatkode
barang setiap barang yang melewati kasir dan mengirimkan transaksi pembelian
langsungkepada komputer pusat wal-mart. Komputer mengumpulkan pesanan dari
semua toko wal-mart danmengirimkannya ke pemasok. Pemasok juga dapat mengakses
daa penjualan dan persediaan wal-martmenggunakan teknologi web. Sistem ini mampu
membuat wal-mart mempertahankan biaya rendahsembari menyesuaikan persediaannya
untuk memenuhi permintaan pelanggan.
- DIFERENSIASI PRODUK
Produk
Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru, tetapi Unilever
tetapmempertahankan kualitas produknya. Baik itu kemasan yang botol
kaca, sachet, botol
kecil danmasih banyak lagi kemasannya.
- BERFOKUS PADA PELUANG PASAR
Produk Unilever menggunakan sistem informasi
pelanggan yang beda dengan yang lain, produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan cara
terjun langsung ke masyarakat
dengan
bukti-bukti kualitas secara real, misalnya dengan diadakannya perlombaan-perlombaan kepada masyarakat perbandingan antara produk Unilever dengan produk- produk
pesaing lainnya.
- MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK
Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari
pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkan mengizinkan pemasok untuk
memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok.Selain
itu Unilever juga melakukan tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen
tempat para konsumen mengeluh. Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang
dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan
sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya
lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship,
mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. Unilever seperti
Kecap Bango,Pepsodent, Shampo Pantene, dll. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui media elektronik
maka PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang optimal.
Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial
yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua
kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang
ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan,
karenaiklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan
agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal. Selain melalui iklan elektronik
proses pemasaran yang dilakukan Unilever juga menggunakan berbagai
cara, diantaranya dengan berbagai program pemasaran yang dapat menarik
perhatian pelanggan. Kupon belanja gratis produk unilever adalah salah satu
cara promosi yang dilakukan oleh Unilever, selain itu diskon-diskon yang
diberikan juga banyak menarik perhatian pelanggan yang berasal dari kalangan
masyarakat menengah kebawah. Iklan itu sendiri adalah kandungan utama dari
manajemen promosi yang menggunakan ruang media bayaran untuk menyampaikan
pesan, sementara para klien dan praktisi periklanan memandangnya hanya sebagai
sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. Iklan inimerupakan bagian dari bauran promosi, yang terdiri dari pemasaran langsung, PR (Public Relation). Hal ini
merupakan sebagian dari strategi perusahaan untuk dapat mempertahankan
dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand-brand unilever. Komunikasi yang disampaikan melalui iklan di berbagai media cetak maupun elektronik
sangat efektif dan langsung mengenai sasaran,untuk evaluasi kedepannya PT. UnileverIndonesia, Tbk akan melakukan 4 hal demi tetap memiliki citra baik pada konsumennya, antaralain:branding, design,
technical printing, dan merchandising Sehingga dengan cepat hal
tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi
produk-produk yang dikeluarkanoleh PT. Unilever Macam-macam Produk yang dikeluarkan Unilever PT. Unilever Indonesia,
Tbk. Yang beroperasi di indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuhmenjadi
perusahaan penyedia consumer product yang mempunyai peran penting di
indonesia.Unilever adalah produsen merek-merek terkenal di seluruh dunia yang
juga terkenal di tingkatregional dan lokal, antara lain Pepsodent, Lifebuoy,
Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto,Ponds, Blue Band, Royco,
Sariwangi, Bango, Taro dan masih banyak lagi.
Daftar Pusaka
0 komentar: