Mengapa Komunikasi di Perlukan dalam Organisasi
Komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator (sender) kepada
komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan efek, sedangkan
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
tertentu.
Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu komunikasi atau proses untuk anggota
menghimpun informasi yang berhubungan dengan organisasinya dan merubah apa yang
terjadi di dalamnya.
Mengapa komunikasi di
perlukan dalam organisasi?
Komunikasi dalam suatu
organisasi sangat penting agar tidak terjadinya salah penyampaian informasi
antar anggota dalam suatu organisasi dan agar tercapainya tujuan tertentu.
Sebuah
interaksi yang bertujuan untuk menyatukan dan mensikronkan seluruh aspek untuk
kepentingan bersama sangat dibutuhkan dalam sebuah tujuan berorganisasi. Dengan
kata lain, tanpa adanya sebuah interaksi yang baik niscaya sebuah organisasi
tidak akan mencapai tujuannya. Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh
anggota organisasi yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi,
instruksi tugas kerjaatau mungkin pembagian tugas kerja. Interaksi sebenarnya
adalah proses hubungan komunikasi antara 2 orang atau lebih dimana orang yang
satu bertindak sebagai pemberi informasi dan orang yang lain berperan sebagai
penerima informasi. Intinya, korelasinya harus melibatkan dan terfokus kepada
orang-orang itu sendiri dalam suatu organisasi.
Seperti
yang dibahas kemarin tentang seseorang yang berkomunikasi berbeda negara.
Dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih dan internetpun semakin meluas
mereka dapat saja memakai beberapa cara seperti memakai facebook, skype, web
cam, dan sejenisnya.
Tetapi setiap ada
kelebihan pasti ada saja kekurangannya, sebagai salah satu contohnya adalah
dimana salah satu dari seseorang komunikator belum memiliki bandwith internet
yang besar/memadai di negaranya, membuat komunikasi terkadang sedikit tersendat
dan biasanya ini sering terjadi di saat sedang fokus dengan perbincangan tetapi
karna internet kurang memadai lalu mereka salah paham disinilah salah satu
letak kekurangannya, tetapi sejalannya waktu mungkin saja komunikasi akan lebih
baik, karna komunikasi ini sangat sangat diperlukan dalam organisasi dan dapat
dikatakan sangat mutlak, tanpa adanya komunikasi takkan ada sebuah organisasi
yang berjalan dengan baik.
Daftar Pusaka :
0 komentar: