Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi dan Tata Kerja
Tata
kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu
yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga
proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan
tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian
tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian
tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari
terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang
tersedia
b. Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian
tujuan.
c. Menjamin
adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi
hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di
bawah ini.
a) Manajemen
: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
Manusia.
b) Organisasi
: alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan
kerja sama.
c) Tata
Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan
kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Daftar Pusaka:
0 komentar: